Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan kembali menduduki statusnya sebagai produsen mobil terbesar ke lima dunia tahun lalu untuk tahun ke lima berturut-turut dengan memproduksi lebih dari 4,6 juta unit kendaraan, demikian dewan perdagangan menyebutkan, Selasa waktu setempat seperti dilaporkan Yonhap.

Pimpinan industri Hyundai Motors Co. dan empat industri pembuat mobil lainnya di negara itu memproduksi secara keseluruhan sebanyak 4.658.000 unit mobil pada 2011, atau mencatat kenaikan 9 persen dibanding setahun sebelumnya, demikian menurut Korea Automobile Manufactures Association (KAMA).

Sementara itu China memproduksi sebanyak 18,42 juta unit tahun lalu dan menduduki peringkat negara produsen mobil terbesar dunia untuk tiga tahun berturut-turut.

Di posisi berikutnya ada Amerika Serikat yang kembali menduduki peringkat terbesar ke dua pada 2011 dengan memproduksi sebanyak 8,65 juta unit kendaraan, mengalahkan Jepang dengan produksi 8,4 juta unit mobil. Sementara Jerman di peringkat empat dengan produksi 6,3 juta unit mobil.

Produksi mobil secara global naik tipis hanya 3 persen pada 2011 sebanyak 85,24 juta unit dibanding tahun lalu, menurut KAMA.

Korea Selatan mempunyai andil produksi 5,8 persen dari produksi mobil seluruh dunia pada 2011.